Senin, 23 Mei 2011

TORNADO MENGHANCURKAN KOTA DI MISSOURI


Tim pencari bermandikan cahaya lampu sorot Senin pagi (23/5) bekerja keras mecari jasad korban di antara puing-puing dari lingkungan dan distrik komersial yang dihancurkan oleh tornado yang menewaskan sedikitnya 30 orang di kota barat daya Joplin Missouri.

"Kami berusaha mengevakuasi korban tewas," kata polisi Joplin Sersan Bob Higginbotham beberapa jam setelah tornado kuat melanda wilayah itu pada Minggu sore, menyisakan penduduk kota sebanyak 50.000 jiwa terpaksa menderita akibat terjangan badai dan tambah kondisi gelap gulita karena padamnya aliran listrik.
Higginbotham sibuk mengumpulkan nama-nama orang yang dilaporkan hilang. "Badai tornado ini sangat mengerikan menyebabkan banyak korban jiwa dan terjadi sejauh beberapa mil," katanya.
Mark Bridges dari tim Newton County menempatkan korban tewas di Joplin sebanyak 30 orang atau lebih, setara dengan hilangnya nyawa dari tornado yang menimpa Tuscaloosa, Alabama, bulan lalu. Lebih dari 30 tewas dalam badai tornado di wilayah itu.
"Yang kami tahu sejauh ini korban tewas di kisaran angka 30," kata Bridges kepada Reuters, menambahkan bahwa 11 mayat ditemukan dari satu lokasi saja dan jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat. "Orang-orang hanya mengatakan kepada kami di mana mereka melihat jasad korban."
Gubernur Jay Nixon menyatakan diberlakukannya keadaan darurat dan memerintahkan pasukan Garda Nasional Missouri dikerahkan untuk membantu polisi negara dan lembaga-lembaga lain menanggapi badai tornado yang ia katakan "telah menyebabkan kerusakan besar di Missouri."(fq/reu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar